Daftar Blog Saya

Senin, 12 November 2018

Nyeri Ulu Hati Dan Cara Mengatasinya

Nyeri Ulu Hati Dan Cara Mengatasinya Dengan Aman Tanpa Efek Samping




Sering mengalami sakit dibagian tengah atas perut? Itu tandanya anda mengalami nyeri ulu hati. Nyeri ulu hati sering diikuti dengan rasa panas terbakar di sepanjang tenggorokan.

Nyeri ulu hati adalah sebuah kondisi dimana kamu akan merasakan sensasi panas terbakar di sekitaran dada dan sering diiringi dengan rasa pahit di tenggorokan serta mulut.

Selain rasa panas terbakar, rasa nyeri di ulu hati juga bisa diiringi oleh sendawa, kram, rasa lapar, penurunan berat badan, atau muntah. Rasa sakit dapat menyebar ke atas dada atau punggung.

Dalam ilmu medis, daerah ulu hati ini disebut dengan epigastrium, dan letak ulu hati sendiri berada di bawah tulang dada, diatas pusar, serta berada di antara tulang rusukmu.

Nyeri ulu hati bisa muncul secara tiba tibak dan tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Nyeri ulu hati dapat muncul saat kelaparan, setelah makan, bersantai, bekerja, olah raga dan saat-saat yang lainnya.

Namun kebanyakan kasus nyeri ulu hati dirasakna setelah makan. Mengapa demikian? Sakit ulu hati setelah makan dapat dipicu oleh makanan yang dimakan atau karena adanya gangguan pada pencernaan yang membuat sulit untuk mencerna makanan dengan baik.

Gangguan pencernaan ini dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang buruk yang dapat membuat lambung bekerja ektra dan memproduksi asam dalam jumlah banyak.

Agar ulu hati tidak nyeri sehabis makan, perhatikan tips tips berikut ini :

  1. Makan dengan perlahan dan jangan tergesa gesa
  2. Konsumsi air putih yang banyak
  3. Jangan berbaring setelah makan
  4. Hindari makanan yang merangsang pencernaan dan sulit dicerna, seperti makanan berminyak, bersantan, pedas, alkohol atau minuman berkarbonasi
  5. Menyeimbangkan pola makan sehat dengan olahraga untuk menjaga berat badan ideal

Selain faktor makanan, nyeri ulu hati juga dapat disebabkan karena beberapa gangguan lainnya. Diantaranya :
  • Gastro-oesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi di mana asam lambung mengalir ke sepanjang esofagus atau kerongkongan yang dapat menyebabkan rasa terbakar di dada atau gejala lainnya. 
  • Radang Lambung (Gastritis) adalah kondisi dimana terjadi peradangan pada lapisan dinding lambung bagian dalam. Nyeri ini muncul setelah makan disertai rasa mual dan muntah.
  • Pankreatitis, Pankreatitis terjadi ketika pankreas meradang. Rasa sakit bisa dirasakan hingga ke punggung yang biasanya diiringi dengan muntah. Gejala lainnya adalah perubahan warna kulit di sekitar pusar atau pinggang, perut kaku, dan rasa sakit pada perut kian parah seusai makan. 
  • Kanker lambung, kanker lambung biasanya meyerang laki laki perokok, berusia 55 tahun ke atas, orang yang memiliki riwayat penyakit infeksi bakteri H. pylori di lambung,  sering mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi, dan memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit ini. 
  • Radang Kerongkongan atau Esofagitis adalah peradangan yang terjadi pada lapisan dinding dalam kerongkongan, pipa penyalur makanan dari mulut ke lambung. Peradangan ini bisa disebabkan oleh kenaikan asam lambung, infeksi, dan iritasi sebagai efek samping penggunaan obat-obatan tertentu. 

Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati

Seseorang yang mengalami nyeri ulu hati yang dibiarkan begitu saja, maka kondisi tersebut akan semakin parah dan menyebabkan sakit ulu hati dan sesak nafas. Untuk mengatasi nyeri ulu hati, terlebih dahulu anda harus mengubah pola hidup anda menjadi lebih sehat.
  • Makan teratur 
  • Tidur yang cukup 
  • Olahraga teratur
  • Hindari makanan yang mengandung gas
  • Hindari makanan pedas dan berlemak.
  • Hindari minuman bersoda, kopi dan alkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Jaga berat badan anda
  • Hindari strees
Untuk mengatasi nyeri ulu hati, anda bisa juga menggunakan obat herbal. Tujuannya adalah mencegah terjadinya ulu hati yang kembali sakit. Selanjutnya baca ; Obat Herbal Untuk Mengatasi Nyeri Ulu Hati

Anda juga bisa menggunakan ramuan tradisional dari bahan alami yang bisa anda racik sendiri dirumah. Dengan meracik sendiri, anda bisa mengatasi ulu hati dengan aman. Berikut cara membuat ramuan untuk mengatasi nyeri ulu hati;

1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman yang multi khasiat selain digunakan untuk bumbu masak, kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit ulu hati, maag dan juga asam lambung. Kunyit memiliki antioksidan yang baik untuk kekebalan tubuh. Untuk mengatasi maag, anda bisa ikuti cara cara dibawah ini:
  1. Cuci bersih dua batang kunyit
  2. Kemudian parut kunyit sampai halus
  3. Lalu ddihkan bersama 2 gelas air putih
  4. Setelah mendidih, angkat dan saring air rebusannya
  5. Minum air kunyit pagi dan sore secara rutin dan teratur
2. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk dalam potek hidup. Tumbuhsn inim memilik khasiat yang luar biasa untuk kesehatan salah satunyqa untuk mengatasi nyri ulu hati. Adapun cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut :
  1. Cuci bersih satu rimpang temu lawak
  2. Tiriskan dan irs isris temulawaknya
  3. Lalu rebus irisan temulawak dengan 6 gelas air 
  4. Setelah mendidih, angkat lalu saring airnya
  5. Minum airnya selagi hangat. Utuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin sampai nyerinya hilang
3. Daun Mint

Manfaat daun mint yang paling terkenal adalah mampu mengobati gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri ulu hati, mual, muntah di pagi hari pada ibu hamil, kram perut, dan nafas tidak segar. Anda bisa mengolah daun mint untuk mengatasi ulu hati dengan mencampukannya dengan teh. Berikut caranya :
  1. Didihkan air bersamman dengan tehnya
  2. Tambahkan daun mint secukupnya
  3. Tunggu hingga matang
  4. Dan minum secara teratur ramuan ini untuk menghilangkan rasa sakit di ulu hati.
Itulah informasi mengenai nyeri ulu hati dan cara mengatasinya. Semoga artikelnya bermanfaat dan terima kasih telah membacanya.

Sekian dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...