Daftar Blog Saya

Rabu, 31 Oktober 2018

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Penyakit Maag

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Penyakit Maag


Hasil gambar untuk maag


Mengenal maag, Seringkali kita merasakan sakit pada perut bagian atas lebih tepatnya pada ulu hati. Sakit yang dirasakan adalah panas seperti terbakar. Kondisi itu kadang muncul sewaktu waktu dan kejadian ini berulang ulang dan sudah berlangsung lama. Itulah yang dinamakan dengan penyakit maag.

Apa itu Maag

Maag merupakan suatu penyakit yang timbul karena ada gangguan pada sistem pencernaan kita. Asam lambung yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan refluks dan menyebabkan peradangan, hal inilah yang mengakibatkan kita mengalami  panas seperti terbakar.

Keberadaan asam lambung dalam jumlah banyak akan menyebabkan iritasi dan peradangan pada dinding lambung sehingga tubuh akan merasakan panas seperti terbakar. Tingginya asam lambung dipengaruhi oleh pola makan yang berantakan. Misalnya, selalu makan terlambat dan mengonsumsi makanan dalam porsi besar secara mendadak. 

Selain itu, maag juga bisa dipicu oleh kuman yang bernama helycobacter pylori. Stres, pola tidur tak teratur, dan konsumsi obat-obatan juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Gejala Yang Ditimbulkan Oleh Maag

Keberadaan maag ini dapat kita kenali dengan gejala yang kita rasakan, beberapa gejala yang patut diawasi antara lain:
  1. Sakit perut di bagian atas, Sakit ini merupakan tanda yang umum dirasakan oleh setiap penderita maag. Nyeri bisa datang menyerang kapan saja pada saat maag yang diderita kambuh. Pada saat terjadinya serangan maag, timbulnya nyeri dapat menjalar ke area tubuh seperti bahu, lengan, dan dapat timbul rasa sesak di dada. 
  2. Gangguan pencernaan
  3. Rasa begah di perut atau kembung, Kondisi ini terjadi akibat penumpukan asam lambung di dalam lambung sehingga menimbulkan gas yang mengisi ruangan lambung. Akibat perut kembung ini tentunya akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.
  4. Mual dan muntah, Mual atau muntah ini biasanya dibarengi dengan keluar keringat dingin, terjadinya kontraksi pada otot perut, dan peningkatan produksi air liur.
  5. Sendawa, sendawa merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan gas gas yang menumpuk didalam ruangan lambung yang diakibatkan penumpukan asam lambung.
  6. Kehilangan nafsu makan, Kehilangan nafsu makan ini bisa disebabkan karena gangguan pencernaan. Mual yang dialami menjadikan kita enggan untuk mengkonsumsi makanan karena selera makan yang hilang.
  7. Penurunan berat badan, Akibat kurangnya asupan makanan, maka tubuh akan kehilangan berat badan. kondisi ini akan terus berlanjut seiring dengan kodisi tubuh yang buruk.
Penyebab Maag

Maag dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu atau mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang lama, infeksi, sering stres yang menyebabkan peradangan pada dinding lambung. 
Selain itu, mulai dari asam lambung naik, infeksi lambung, mengalami luka di usus atau lambung, pankreatitis, gastroparesis juga bisa jadi penyebab maag.

Menurut penyebabnya, maag ini dibagi menjadi 3 macam:
  1. Tipe A, yang disebabkan oleh menurunnya ketahanan tubuh dan bisa meningkatkan risiko kekurangan vitamin, anemia, dan kanker. 
  2. Tipe B, yang paling umum ditemukan dan disebabkan oleh H pylori, dapat menyebabkan tukak lambung, tukak usus, dan kanker. 
  3. Tipe C, yang disebabkan oleh iritan kimia seperti alkohol, cairan empedu, dan obat-obatan golongan NSAID, seperti aspirin ibuprofen dan naproxen. Maag tipe ini juga bisa menyebabkan erosi lapisan perut dan pendarahan.
Kondisi dan kebisaan pola makan dan gaya hidup juga dapat menyebabkan dan memperburuk maag. Diantara kebisaan buruk yang dapat memicu penyakit maag antara lain:
  • Kebiasaan makan terlalu banyak dan cepat.
  • Saluran cerna anda bisa terluka akibat mengolah makanan terlalu banyak, luka tersebut bisa berkembang menjadi penyakit maag.
  • Mengalami stres dan kelelahan
  • Terlalu banyak minum alkohol
  • Merokok
  • Minum Obat-obatan Tertentu
Penanganan penyakit maag

Maag ini perlu dilakukan untuk meminimalisir bahaya yang ditimbulkan  oleh penyakit maag ini. Maag yang dibiarkan akan menyebabkan komplikasi penyakit lain yang lebih berbahaya daripada maag. Sebut saja tukak lambung sampai anemia, kedua penyakit ini merupakan koplikasi penyakit yang ditimbulkan akibat maag yang dibuarkan tanpa dilakukan pengobatan.

Baca : Obat Maag Alami

Untuk menangani maag, ada beberapa cara yang dilakukan. Penganganan maag ini berfokus pada penyebabnya. Jika penyebabnya dirasa karena pola makan yang buruk, maka solusinya adalah merubah pola makan. 

Tapi jika penyebabnya lain seperti infeksi ataupun luka pada lambung, maka penangananya bisa dengan cara medis. Pemberian obat obatan dengan resep dokter dapat menjadi solusi untuk mengatasi maag. Selain dengan pengobatan medis, anda juga bisa melakukan pengobatan dengan menggunakan bahan bahan tradisional. Cara ini tidak kalah ampuhnya untuk mengatasi maag.

Baca ; Cara Membuat Ramuan Tradisional Untuk Maag Kronis

Setelah anda melakukan pengobatab, anda juga diharuskan merubah pola makan dan gaya hidup yang sehat sebagai pencegahan penyakit maag. Karena kondisi tubuh dan sistem cerna yang buruk rentan terkena maag.

Berikut pola makan dan gaya hidup untuk penderita maag
  • Atur pola makan sehari-hari pada jam yang sama
  • Pastikan pola makan anda terdiri dari makanan yang seimbang dan menyehatkan. 
  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu pedas, terlalu asam dan kopi
  • Lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh dan hidari stress
  • Berhenti merokok dan batasi penggunaan alkohol.
  • Menjaga berat badan yang sehat
Dengan merubah gaya hidup dan pola makan menjadi baik dan teratur, ini akan menjauhkan kita dari terkena maag. Selain itu dengan menerapkan gaya hidup sehat juga akan menghindarkan diri kita dari berbagai penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh. So, mulai sekarang cintai kesehatan tubuh anda dengan merubah pola makan dan gaya hidup menjadi baik dan teratur.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua. Share ke semua orang untuk mengetahui informasi ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...