Daftar Blog Saya

Senin, 19 November 2018

Kebiasaan Yang Dapat Memicu Sakit Maag

Kebiasaan Sehari Hari Yang Dapat Memicu Sakit Maag



Maag, atau dalam bahasa medis dikenal dengan dispepsia, dapat diartikan sebagai rasa nyeri atau tidak nyaman di sekitar area ulu hati yang disebabkan karena tingginya kadar asam lambung didalam perut. Kondisi ini akan menimbulkan beberapa gejala yang menyebabkan tubuh tidak nyaman.

Beberapa gejala yang dirasakan oleh seseorang yang mengalami maag, antara lain mual, muntah, perut kembung, mudah kenyang, nafsu makan berkurang, hingga sering bersendawa.


Perut akan terasa sangat sakit seperti panas saat maag kamu kambuh dan rasanya sangat menyiksa. Apalagi kalau kamu penderita maag kronis yang luar biasa sakitnya. Bahkan, tubuh rasanya seperti kehilangan tenaga begitu saja dan menghambat segala aktivitas.

Maag ini muncul sebagai indikasi yang menandakan bahwa ada gangguan pada sistem pencernaan. Gangguan tersebut paling umum adalah tingginya kadar asaam lambung.

Asam lambung tinggi dapat berakibat buruk bagi kesehatan terutama pada area lambung. Karena kondisi seperti ini lama kelamaa dapat menyebabkan iritasi dan infeksi yang dapat memperparah sakit maag yang muncul.

Maag ini umumnya muncul dikarenakan kebiasaaan buruk yang dilakukan si penderita. Entah itu kebiasaan makan yang buruk ataupun gaya hidup yang tidak baik. Berikut kami akan paparkan kebiasaan kebiasaan buruk yang dapat memunculkan sakit maag. Simak dan pahami dengan seksama dan pastikan anda ikuti dan lakukan.

1. Menunda waktu makan

waktu makan yang tidak teratur dapat memicu terjadinya produksi enzim-enzim pencernaan yang tidak memadai seperti produksi asam lambung berlebih. Produksi asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus.

Gesekan tersebut akan lebih parah jika lambung dalam keadaan kosong. Kondisi tersebut dapat menghambat proses pencernaan. Ketika proses pencernaan tidak berjalan dengan lancar, gejala maag juga dapat muncul.

2. Makan Banyak

Kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan sakit maag adalah makan dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Kebiasaan itu dapat menyebabkan saluran cerna terluka akibat mengolah makanan terlalu banyak, luka tersebut bisa berkembang menjadi penyakit maag. Dianjurkan untuk makan lebih sering dengan porsi yang kecil dibandingkan makan sekaligus dengan porsi besar.

3. Konsumsi Makanan Pedas Dan Asam

Konsumsi makanan asam dan pedas akan engganggu keseimbangan pH di perut Anda. Selain itu kedua jenis makanan dapat menambah penumpukan asam dan menyebabkan naiknya asam lambung.

Hindarilah makanan asam seperti buah lemon jeruk, cabai, saus pedas dan jenis makanan pedas juuga asam lainnya. Sebaliknya perbanyak makan buah pisang, wortel, pepaya dan alpuket karena buah buahan itu memiliki kandungan yang sangat baik untuk pencernaan.

4. Makanan Berlemak

Makanan tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Kondisi itu akan menimbulkan banyaknya asam lambung diproduksi. Karena perut dipenuhi oleh banyak makanan, asam lambung akan meluap sampai ke kerongkongan.

Itulah yang dapat menyebabkan rasa panas dikerongkongan dan sakit maag muncul. Hindarilah makanan berlemak seperti kentang goreng, ayam goreng, donat, dan keripik kentang.

5. Konsumsi Kopi Berlebihan

Bagi anda pencita kopi, harus lebih memperhatikan kondisi pencernaan anda. Sebab, kafein yang terkandung dalam kopi akan menimbulkan naiknya produksi asam lambung. Aturlah jadwal ngopi anda dan jangan terlalu sering. Dan pastikan ngopi dibarengi dengan konsumsi air putih yang banyak.

6. Konsumsi Alkohol Dan Monuman Bersoda

Sama halnya dengan kopi, Mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda akan meningkatkan asam lambung dan juga menghasilkan banyak gas dan membuat perut terasa kembung.

7. Stress

Stres dapat mengakibatkan anda mengalami gangguan dan tidak memperhatikan kesehatan. Stres juga dapat melupakan anda akan makan, kondisi ini dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, serta menimbulkan gesekan antar makanan dan dinding lambung menjadi lebih kuat. 

8. Kurangnya Berolahraga

Olahraga penting bagi kesehatan termasuk untuk kesehatan maag, olahraga difungsikan sebagai pencegahan dan cara menjaga berat tubuh. Karena salah satu faktor resiko maag adalah kelebihan berat tubuh atau kata lain obesitas.

Nah, jadi sudah tahu kan kebiasaaan apa saja yang dapat memunculkan sakit maag? Sebelum terjadi sakit mag, sebaiknya Anda melakukan upaya pencegahan, salah satunya menjaga pola makan yang teratur dan juga selalu berolahraga secara rutin dan teratur. 

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan. Terima kasih telah berkunjung dan janngan lupa nantikan artikel kesehatan lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...