Daftar Blog Saya

Kamis, 01 November 2018

Jenis Jenis Maag Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Jenis Jenis Maag Dan Bagaimana Cara Mengatasinya




Jenis Jenis Maag Dan Bagaimana Cara Mengatasinya, Maag merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan yang menyebabkan iritasi pada dinding lambung. Peradangan diakibatkan oleh keberadaaan  kadar asam lambung yang berlebih. Kondisi ini akan mebuat perasaan panas pada perut, mual sampai muntah.

Asam lambung sendiri merupakan cairan yang dihasilkan oleh lambung yang berguna untuk menguraikan makanan dalam proses pencernaan. Awalnya asam lambung ini tidak jadi masalah selagi keberadaanya dalam kadar yang normal. Tapi jika kadar asam lambung melebihi batas yang seharusnya, akan menyebabkan peradangan yang berujung sakit maag.

Maag merupakan gejala yang paling umum dirasakan oleh masyarakat. Ini merupakan benar adanya dikarenakan penyebab munculnya maag ini berasal dari pola makan dan gaya hidup yang tidak baik.

Maag dapat muncul jika asam lambung dalam perut mengalami refluks. Refluks asam lambung dapat disebakan karen pola makan yang tidak teratur, minum muniman alkohol, strees hingga merokok.

Jenis Jenis Maag

Berdasakan garis besarnya, maag dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu maag akut dan maag kronis. Masing masing maag ini punya perbedaan dan tingkat keparahan tersendiri. Berikut penjelasan mengenai maag akut dan kronis.

1. Maag Akut

Istilah maag akut ini biasanya menggambarkan sakit maag yang terjadi secara mendadak atau tiba-tiba dalam waktu singkat. Kondisi ini disebabkan peradangan pada dinding lambung bagian dalam yang mana sifatnya akut dengan ditandai adanya kerusakan berupa pengikisan pada bagian dalam permukaan lambung.

Gejala maag akut

Gejala yang ditunjukan oleh maag jenis ini adalah rasa panas seperti terbakar yang terjadi bibagian perut atas, mual sampai muntah. Dan dalam kasus yang parah, maag akut bisa menunjukan gejala seperti darah yang keluar bersamaan dengan keluarnya tinja saat buang air. darah ini berasal dari peradangan yang terjadi pada dinding lambung.

Penyebab maag akut

Hal hal yang dapat menyebabkan maag akut ini tergolong biasa, maksudnya hal hal yang kita anggap tidak berbahaya bisa jadi penyebabnya. Berikut penyebab dari maag akut yang harus anda waspadai:

  1. Makan tidak teratur
  2. Mengkonsumsi makanan pedas
  3. Mengkonsumsi makanan berlemak
  4. Makanan yang mengandng gas
  5. Makanan yang sulit dicerna
  6. Mengkonsumsi obat-obatan Anti Inflamasi Non-steroid

2. Maag Kronis

Sebutan atau istilah maag kronis ini digunakan untuk menggambarkan sakit maag yang terjadi dalam periode atau waktu yang lama serta berulang. Sakit maag ini bisa berupa peradangan pada permukaan dinding lambung bahkan sampai pada seluruh lapisan dinding bagian dalam lambung.

Perbedaannya dengan maag akut adalah peradangan yang terjadi pada maag ini terjadi secara perlahan semakin lama akan menjadi semakin parah serta semakin berbahaya.

Gejala maag kronis

Sama seperti halnya maag akut, maag kronis juga dapat menunjukan yang sama  seperti panas, nyeri, mual dan muntah. Bedannya, gejala yang ditimbulkan maag kronis ini dapat menghilang selama beberapa hari, lalu akan muncul kembali.

Selain itu, gejala yang ditunjukan oleh maag kronis ini dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun seperti penurunan nafsu makan, berat badan turun drastis, sampai mengakibatkan tubuh menjadi sangat lemah, wajah pucat, keringat dingin, dan pusing.

Penyebab maag Kronis

  1. Refluks asam lambung yang berlebih
  2. Pola makan yang tidak teratur
  3. Konsumsi alkohol
  4. Konsumsi obat-obatan seperti anti-inflamantory Drug atau NSAID
  5. Akibat penyakit lainnya seperi tukak lambung atau anemia pernisiosa.

Dan yang paling utama, maag kronis terjadi akibat adanya infeksi dari bakteri Helicobacter pylori, dan bisa menyebabkan tukak lambung, tukak usus 12 jari dan kanker lambung.

Intinya kedua jenis maag ini diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur, selain itu tubuh yang jarang berolahraga juga bisa jadi penyebab sakit maag. Nah, mulai saat ini anda diharapkan untuk mengontrol asupan makanan dan mengatur jam makan. Supaya anda terbiasa makan tepat waktu dan menghindari telat makan.

Cara Mengatasi Maag

Sejatinya maag ini tidak bisa disembuhkan secara total, dikarenakan maag hanya akan muncul jika terjadi gangguan dan masalah pada sistem pencernaan kita. Pada dasarnya, supaya maag tidak muncul kita harus menjaga asupan makanan kita.

Tapi kita bisa mengatasi dan mencegah munculnya maag dengan beberapa cara, mulai dari pengobatan medis sampai dengan pengobatan tradisional (herbal).


Pengobatan yang paing umum adalah dengan menggunakan obat obatan, baik itu obat kimia maupun obat tradisional (hebal). Penggunaan obat ini bertujuan untuk menertalisir asam lambung dan mengatasi infeksi serta peradangan di dalam lambung.

Khusus untuk maag, konsumsi obat - obatan umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Ini bertujuan agar pada saat makanan masuk, asam lambung sudah netral dan tidak akan membuat lambung menproduksi asam yang lebih.

Obat kimia yang dapat anda gunakan antara lain :

  • Antasida
  • Pompa Proton
  • Agen Cytoprotektif
  • Obat anti sekretorik
  • Pankreatin
  • Ranitidin
  • Simetidin

Penggunaan obat kimia harus sesuai dengan petunjuk dokter, agar tidak salah dalam pengkonsumsiannya. Dan juga bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain obat kimia, anda juga bisa menggunakan obat obatan tradisional seperti :

  • Daun Salam
  • Daun jambu biji
  • Temulawak
  • Kunyit
  • Biji Pala

Mengunakan obat tradisional seperti itu akan menghindari anda dari efek samping penggunannnya. Untuk menggunakan bahan bahan diatas, anda harus tahu cara raciknya.


Demikian artikel tentang maag dan jenis jenisnya, untuk menjaga agar terhindar dari maag anda wajib memperhatikan pola  makan dan gaya hidup. Bagi yang sudah mengalaminya, anda patut mencoba untuk memnggunakan pengbatan baik medis ataupun tradisional.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan dan terima kasih.



Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...