Daftar Blog Saya

Rabu, 07 November 2018

Penyebab Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Penyebab Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Panas di dada, mual dan muntah? Bisa jadi gejala dai naiknya asam lambung



Asam Lambung Naik, Pasti kita pernah merasakan panas pada dada bahkan sampai ke mulut. Itu merupakan penomena asam lambung yang naik dari perut ke kerongkongan.

Naiknya asam lambung dipicu oleh meningkatnya kadar asam lambung yang berlebih sehingga dapat menyebabkan asam lambung keluar dari dalam lambung.

Asam lambung mempunyai peran yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dalam proses pencernaan. Asam dapat membantu proses penguraian makanan dalam lambung agar mudah di serap oleh tubuh.

Namun apabila asam lambung tersebut diproduksi secara berlebih, maka tidak menutup kemungkinan asam lambung berlebih naik ke arah kerongkongan yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Istilah yang diberikan terhadap kondisi seperti ini ialah GERD  kondisi di mana asam lambung mengalir ke sepanjang esofagus atau kerongkongan sehingga memunculkan heartburn, yaitu sensasi rasa terbakar di dada. 

Penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan

Sampai saat ini penyebab utama dari kondisi seperti ini belum diketahui. Tapi faktor faktor berikut disinyalir dapat menyebabkan naiknya asam lambung.
  1. Kadar asam lambung yang tinggi
  2. Klep atau otot cincin pada perbatasan kerongkongan dengan lambung melemah
  3. Tekanan tinggi akibat produksi asam lambung yang berlebihan
Normalnya, asam lambung ini tidak dapat naik ke kerongkongan dikarenakan ada semacam klep anatara lambung dan kerongkongan. Pada saat makanan masuk ke lambung, klep ini akan terbuka. Dan jika makanan sudah masuk, klep ini akan meutup lagi secara otomatis.

Berikut faktor yang dapat menyebabkan klep perbatasan kerongkongan dengan lambung melemah, diantaranya :
  • Kelebihan berat badan
  • Terlalu makan makanan tidak sehat seperti berlemak, pedas dan asam
  • Terlalu mengkonsumsi kafein dan alkohol
  • Strees dan kurang istirahat
  • Kurang berolahraga
  • Dan juga kehamilan

Gejala Asam lambung Naik

Saat asam lambung naik sampai ke kerongkongan dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan dapat menghambat aktivitas. Gejala yang mungkin dirasakan tubuh antara lain :
  • Panas seperti terbakar di area dada
  • Mulut terasa pahit
  • Mual dan bahkan muntah
  • Perut kembung dan sering bersendawa
  • Kerongkongan yang tidak nyaman sehingga sulit untuk menelan
  • Dan bau mulut

Gejala asam lambung juga dapa menjadi indikasi adanya penyakit maag. Baca : Obat Alami Maag

Dalam jangka panjang, kondisi seperti ini akan menyebabkan komplikasi di daerah kerongkongan, seperti radang, pendarahan, dan penyempitan. Beredarnya cairan lambung di daerah yang tidak seharusnya juga bisa menyebabkan kesulitan menelan, pencetus asma, radang tenggorokan, batuk menahun, bahkan bisa menimbulkan kanker kerongkongan.


Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Naik Ke Kerongkongan

Langkah yang pertama anda lakukan jika asam lambung naik adalah  minum air putih yang banyak. Setelah itu anda bisa mengkonsumsi buah buahan yang dapat menetralkan asam lambung.

Untuk menetralkan asam, anda juga bisa menggunakan permen karet. Dengan mengunyah permen karet, asam lambung anda akan reda karena dengan mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi air liur.

Bagi anda yang mempunayi riwayat asam lambung yang sering naik, harus cepat tanggap dalam mengatasi penyakit seperti ini. Asam lambung yang sering naik dapat memicu penyaki alinnya seperti maag dan tukak lambung.

Bahkan asam lambung yang terus menerus naik akan menyebabkan peradangan dan infeksi bakteri yang dapat menciptakan penyakit maag kronis menahun.

Untuk itu segera atasi asam lambung anda dengan obat herbal alami. Baca :  Obat Herbal Asam Lambung

Itulah penjelasan seputar penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selalu perhatikan pola makan anda dan jangan lupa untuk selalu berolah raga supaya meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit.

Terima kasih telah membaca artikel saya, mudah mudahan dapat bermanfaat. Sekian Dan samapi Jumpa.



Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...