Daftar Blog Saya

Jumat, 30 November 2018

Diabetes Melitus Dan Bahayanya

Mengenal Diabetes, Ibu Dari Segala Penyakit Dan Bahayanya Bagi Kesehatan


Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. 

Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Gula darah tinggi adalah jika kadar gula darah pada saat puasa lebih dari 126 mg / dl dan pada saat tidak cepat lebih dari 200 mg / dl.

Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Akibatnya, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi dan akhirnya menumpuk di dalam darah dan mengakibatkan gangguan.

Tanda-tanda diabetes adalah hilangnya berat badan, sering haus dan sering lapar. Gejala-gejalanya dapat berkembang sangat cepat atau mungkin tanpa gejala sama sekali atau tidak jelas.

Beberapa gejala-gejalanya lain yang jarang terjadi adalah pandangan yang kabur, sakit kepala, fatigue, penyembuhan luka yang lambat, dan gatal-gatal. Tingginya tingkat glukosa darah yang lama dapat menyebabkan penyerapan glukosa pada lensa mata, yang menyebabkan perubahan bentuk, dan perubahan ketajaman penglihatan.

Seseorang akan lebih mudah mengalami diabetes jika memiliki faktor-faktor risiko, seperti:
  1. Memiliki keluarga dengan riwayat diabetes.
  2. Menderita infeksi virus.
  3. Kelebihan berat badan.
  4. Usia, Sebenarnya daiabetes tidak memandang usia. Tapi rata rata diabetes banyak terjadi pada usia diatas 30 tahun.
  5. Menderita tekanan darah tinggi 
  6. Memiliki kadar kolesterol tinggi dan trigliserida abnormal.

Ada satu jenis diabetes yang sering terjadi pada wanita yang sedang hamil, diabetes yang terjadi saat kehamilan dan biasanya berlangsung hingga proses melahirkan. Diabetes gestasional umumnya terjadi di antara minggu ke-24 hingga 28 kehamilan, walau tidak menutup kemungkinan dapat terjadi di minggu manapun.


Diabetes gestasional terjadi ketika produksi insulin tidak mencukupi untuk mengontrol kadar glukosa tubuh pada saat kehamilan. Kadar glukosa yang tinggi dalam darah ini dapat membahayakan ibu dan anak, namun risiko tersebut dapat ditekan jika ditangani dengan cepat dan tepat.

Bahaya diabetes bagi kesehatan 

Diabetes adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Apabila dibiarkan, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang secara perlahan dapat menyerang organ penting di tubuh manusia.

Menurut hasil penelitian dari International Diabetes Federation (IDF) tahun 2015, ada 415 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, dan sekitar 10 jutanya terdapat di Indonesia. Jumlah penderita diabetes di Indonesia ini diperkirakan akan terus meningkat hingga tahun 2040.

Diabetes dapat menimbulkan komplikasi jangka lama diantaranya:

Jika diabetes dibiarkan, akan menimbulkan penyakit yang lebih serius yang dapat menggangu fungsi tubuh lain. Oleh karena itu jika sudah mengetahui gejala dari diabates, segera lakukan penanganan yang cepat tanggap.

Bagi wanita hamil, bahaya diabetes dapat menyebabkan berbagai macam gangguan serius terutama pada janin. Diantaranya adalah Kelebihan berat badan saat lahir, lahir prematur,hipoglikemia, Keguguran, Penyakit kuning serta dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe dua saat beranjak dewasa.

Itulah bahaya dari penyakit diabetes bila tidak segera diatasi dengan tepat. Sejatinya yang dinamakan penyakit pasti ada obatnya termasuk obat diabetes. Kita hanya berikhtiar dan berusaha untuk mencapai kesembuhan karena kesembuhan yang hakaki ada di tangan tuhan. 

Tetap jaga kesehatan anda dengan benar agar terhindar dari penyakit diabetes dengan cara mengatur pola hidup yang baik dan selalu berolahraga rutin. Sekian artikel mengenai diabetes dan bahayanya. Terima kasih telah membacanya sampai selesai dan tunggun artikel lainnya.


Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...