Daftar Blog Saya

Senin, 26 November 2018

Cara Cepat Mengatasi Sembelit

Cara Cepat Mengatasi Sembelit Dengan Mudah Tanpa Obat Obatan




Sembelit atau nama lain dari Konstipasi merupakan masalah kesehatan sistem pencernaan yang paling sering dialami kebanyakan orang yang ditandai dengan Proses ekskresi atau keluarnya feses yang tidak lancar.

Hal ini dikarenakan terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kerja usus sehingga menyebabkan sembelit. Salah satunya disebabkan oleh kekurangan serat dalam diet. Selain itu, sembelit juga  dapat terjadi akibat dari kurangnya berolahraga, gejala maag atau asam lambung dan juga efek samping sejumlah obat-obatan.

Sembelit adalah kondisi yang normal jika hanya sesekali terjadi, dan akan sembuh dengan sendirinya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sembelit ini dan yang paling umum ialah dengan mengkonsumsi obat pencahar.

Tapi sebelum menggunakan obat pencahar, alangkah baiknya jika kita mencoba mengatasi sembelit secara alami terlebih dahulu. Cara ini sangat mudah dan aman untuk di lakukan. Berikut cara alami mengatasi sembelit:

1. Perbanyak Minum Air

Konsumsi cairan dalam jumlah cukup bisa membantu melancarkan pencernaan yang mampet. Tinja yang kering dan keras merupakan penyebab konstipasi pada umumnya, jadi semakin banyak air yang Anda minum, akan semakin mudah Anda mengeluarkannya.

Konsumsi air berkarbon atau air soda juga efektif mencegah dehidrasi, namun hindari minuman soft drink karena dapat memperburuk kondisi sembelit. Konsumsilah air putih 8 gelas setiap hari agar pencernaaan lancar dan terhindar dari sembelit.

2. Konsumsi Buah dan Sayur Yang Mengandung Serat Prebiotik

Makanan kaya serat sangat baik untuk menjaga kesehatan usus karena mempermudah pergerakan usus dan lebih mudah dicerna. Dalam mengatasi sembelit, pilihlah buah dan sayur yang mengandung serat prebiotik. Serat ini  padat sehingga memudahkan usus untuk menggerakannya.

Serat prebiotik akan disimpan di dalam usus dan difermentasi, memberi makan bakteri baik yang bertugas melancarkan pencernaan di dalam usus. Serat prebiotik bisa ditemukan di dalam pisang, apel, anggur, pir, pepaya, brokoli, bawang merah, bawang putih, kulit apel, dan kacang-kacangan.

3. Makan Buah Prune

Buah prune merupakan buah yang kaya serat. Buah ini mengandung sorbitol, suatu gula yang dapat melunakkan tinja sehingga secara alami dapat membantu meredakan konstipasi. Sorbitol merupakan stimulan usus ringan yang membantu mengurangi waktu transit tinja, dan menurunkan risiko konstipasi.

4. Mengkonsumsi Kopi

Kafein di dalam kopi akan meningkatkan dorongan untuk buang air besar. Ini karena kemampuan kafein dalam merangsang otot-otot di sistem pencernaan. Kopi juga mengandung serat dalam jumlah yang sedikit namun dapat membantu keseimbangan bakteri usus.

5. Konsumsi Yogurt

Yogurt bisa mengatasi konstipasi dengan memproduksi lactic acid dan asam lemak yang mampu merangsang pergerakan usus. Yoghurt mengandung probiotik seperti Bifidobacterium longum atau Bifidobacterium animalis telah terbukti dapat membantu pengeluaran tinja yang lebih sering dan mengurangi rasa sakitnya.

Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Olahraga

Olahraga adalah salah satu kunci agar tubuh kamu tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Beraktivitas fisik membantu tubuh menyerap makanan lebih baik dengan menjaga usus tetap aktif bergerak.

Selain itu, olahraga juga bisa melancarkan pergerakan usus yang mungkin selama ini terhambat. Tidak usah melalukan olah raga berat, berjalan santai 30 menit pun sudah cukup.

Sembelit ini merupakan kondisi yang umum dialami. Tapi ada beberapa faktor resiko yang memungkinkan mengalami sembelit atau konstipasi diantaranya:
  1. Lansia
  2. Wanita Hamil
  3. Kurang konsumsi serat atau dehidrasi
  4. Kurang gerak atu kurang berolahraga
  5. Kelebihan berat badan atau obesitas
  6. Mengonsumsi obat yang dapat menyebabkan sembelit 
Sekian informasi mengenai cara mengatasi sembelit secara alami yang bisa kamu coba baik bagi kamu yang sedang mengalami atau tidak. Jika kondisi ini masih terus berlanjut, ada baiknya kamu segera mengkonsultasikan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika sembelit dibiarkan maka akan menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya, seperti buang air besar berdarah, wasir bahkan sampai kanker usus.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Share informasi ini jika anda kira informasi ini bermafaat. Tunggu artikel selanjutnya. Sekian dan sampai jumpa.

Artikel lain : Obat nyeri ulu hati

Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...