Daftar Blog Saya

Jumat, 21 Desember 2018

Ternyata Inilah Cara Mengatasi Gangguan pencernaah Yang Aman

Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Yang Aman


Sistem pencernaan adalah sebuah sistem yang membantu dalam mencerna makanan dan minuman yang dikonsumsinya menjadi zat yang lebih mudah dicerna oleh tubuh yang kemudian akan dimanfaatkan oleh organ oragan tubuh dalam menjalankan fungsinya.

Didalam tubuh manusia, terdapat 12 organ pencernaan yang berperan dalam proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Organ-organ tersebut saling terintegrasi satu sama lain sehingga membentuk suatu sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut dan berakhir di anus.

Didalam pencernaan manusia, dikenal dua macam pencernaan. Pertama adalah pencernaan mekanis merupakan pencernaan yang melibatkan organ pencernaan serta otot otot dalam tubuh. Pencernaan mekanik terjadi di mulut dan juga lambung. Pada mulut terjadi pencernaan mekanik yang melibatkan gigi dan juga geraham. Tujuan nya adalah melumaktkan makanan yang dikonsumsi agar menjadi lunak dan memudahkan ke tahapan berikutnya.

Pencernaan yang kedua adalah pencernaan kimiawi. Pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim. Enzim merupakan protein yang berfungsi sebagai biokatalis di dalam tubuh. Berikut ini macam macam enzim yang berfungsi dalam pencernaan kimiawi.
  • Amilase: enzim ini dihasilkan oleh kelenjar saliva. Di dalam mulut, enzim ini berfungsi untuk memecah pati menjadi maltosa.
  • Protease: enzim ini dihasilkan di lambung dan pankreas, berfungsi memecah protein menjadi asam amino.
  • Lipase: dihasilkan oleh pankreas, berfungsi untuk memecah lemak (lipid) menjadi asam lemak dan gliserol.
  • Maltase: enzim maltase diproduksi di usus kecil, berfungsi untuk memecah maltosa menjadi glukosa.

Proses pencernaan ini merupakan proses yang sangat penting dilakukan oleh tubuh. Makanya, pada proses pencernaan jangan sampai ada masalah. Jika ada masaaha pada proses pencernaan, nutrisi dari makanan yang dikonsumi tidak akan diserap oleh tubu dengan baik.

Gangguan pada proses pencernaan ini merupakan hal yang umum. Pasalnya, gangguan dapat berasal dari pola makan dan gaya hidup yang buruk. berikut kami tampilkan beberapa gangguan pencernaan dan cara mengatasinya.

1. Asam lambung

Penyakit asam lambung atau adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.


Pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke makanan-makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, maupun terlalu pedas.

2. Maag

Maag merupakan gangguan pencernaan (indigestion). Misalnya keluhan sakit perut, mual, muntah, dada terasa nyeri seperti terbakar, kembung, begah, dan mulut terasa asam. Penyebabnya karena makan secara tidak teratur, mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress.


Untuk mengatasi maag, anda diminta untuk menjauhi kebiasaan menunda makan jika sudah waktunya untuk makan. Setiap orang tentu memiliki jam makan yang berbeda. Jika sudah memiliki waktu atau kebiasaan makan pada jam tertentu, maka hal itu jangan ditunda. Selain itu jaga pola makan serta gaya hidup anda.

3. Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi di mana pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar untuk waktu yang lama. Sembelit dapat ditandai dengan ekskresi feses yang tidak lancar dan juga gejala lain seperti perut terasa penuh, sakit perut dan juga BAB berdarah atau keluarnya darah setelah BAB.

Karena sembelit ini diakibatkan oleh konsumsi makanan yang rendah serat serta kurangnya asupan air, jadi untuk mengatasi sembelit ini anda diharuskan memenuhi asupan cairan serta nutrisi anda. Langkah yang bisa anda lakukan saat terjadi sembelit adalah konsumsi lebih banyak buah atau sayuran, seperti bayam, pepaya atau pisang selain itu minum air yang cukup.

4. Wasir

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Wasir ini sangat mengganggu aktivitas sehari hari mulai dari bekerja sampai saat BAB. Pada penderita wasir, akan mengalami rasa sakit saat buang air besar dikarenakan pembengkakan yang tertekan tinja. Obat Wasir

Untuk mengatasi wasir ini di dasarkan pada tingkat keparahan dari wasir itu. Jika wasir yang diderita masih keci, bisa menggunakan obat wasir. Namun jika wasir telah tumbuh besar dan semakin parah, harus dilakukan pengangkatann wasir melalui operasi.

5. Nyeri Ulu Hati

Nyeri ulu hati atau nama lainnya heartburn merupakan sakit yang ditimbulkan dari gangguan GERD. Nyeri ulu hati dapat terjadi dengan ditandai dengan gejala seperti rasa panas terbakar di sepanjang tenggorokan. Selain itu, nyeri ulu hati dapat terjadi disertai dengan mual dan perut kembung, sendawa, kram, rasa lapar, penurunan berat badan, atau muntah.


Cara mengatasi nyeri ulu hati bisa menggunakan obat obatan, tapi sebelum mengkonsumsi obat anda harus mencoba mengatasi nyeri ulu hati dengan cara seperti berbaring dengan posisi kepala yang lebih tinggi atau mengunyah permen karet. Sebuah studi menyatakan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan bisa mengurangi sensasi panas di dada.

6. Batu Empedu

Batu empedu adalah gumpalan material atau kristal padat yang terbentuk dalam kandung empedu. Kantung empedu berfungsi untuk membantu tubuh dalam mencerna lemak dengan cara menyimpan dan melepaskan empedu ke usus kecil. Batu-batu kecil itu dikarenakan oleh mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak, tanpa disertai dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

Gejala-gejala khas dari batu empedu adalah serangan sakit di perut sebelah kanan di bagian atas, yang biasanya timbul setelah memakan makanan yang mengandung banyak lemak, santan dan gorengan.


Mengobati batu empedu biasanya dengan cara pembedahan ataupun operasi. Operasi yang dapat dilakukan adalah kolesistektomi laparoskopi dan kolesistektomi terbuka. Namun selain menjalani operasi, anda juga bisa mengatasi batu empedu dengan mengkonsumsi obat penghancur empedu.

Gangguan pencernaan ini bisa berasal dari kebiasaan buruk yang kita lakukan. Mulai dari pola makan yang buruk hingga gaya hidup yang tidak teratur dapat menjadi sebab munculnya permasalahan pada sisem pencernaan.Oleh Karena itu, jaga terus kondisi tubuh kita dengan cara mengatur pola makan dan hidup kita.

Itulah artikel mengenai gangguan yang kerap terjadi pada sistem pencernaan manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kesehatan kita semua. Terima kasih telah membacanya sampai selesai dan sampai jumpa, jangan lupa nantikan artikel kami selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...