Daftar Blog Saya

Selasa, 04 Desember 2018

Bahaya Toxoplasma Pada Ibu Hamil

Bahaya Toxoplasma Pada Ibu Hamil Yang Harus Diketahui


Selamat datang di blog All About Healthy, Blog yang membahas mengenai keluhan dan masalah kesehatan bayi, anak anak, lansia dan juga ibu hamil & menyusui.



Kehamilan merupakan moment yang sangat ditunggu tunggu dan menggembirakan, bukan cuma oleh kedua pasangan melainkan suatu kegembiraan bagi mertua yang akan segera menimang seorang cucu dari anak anaknya.

Semua pasangan khususnya yang menjalani kehamilan pasi menginginkan masa kehamilan berjalan dengan baik tanpa ada gangguan dan gejala kesehatan. Hal ini berpotensi menimbulkan dampak kepada ibu yang mengandungnya dan yang dikandungnya.

Salah satu gangguan yang kerap ditakuti oleh wanita hamil adalah penyakit toxoplasma. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya terutama jika terjadi pada wanita yang sedang hamil karena akan berdampak buruk bagi kesehatan yang mengandung dan yang dikandung.

Apa Itu Toxoplasma?

Toxoplasma atau toxoplasmosis merupakan infeksi jaringan tubuh yang disebabkan oleh parasit yang bernama Toxoplasma gondii. Parasit ini menyerang dan memengaruhi saluran pencernaan (termasuk mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus), jantung, saraf, dan kulit.

Pada orang lain biasanya penyakit ini tidak membahayakan, karena sistem kekebalan tubuh dapat mengendalikan infeksi parasit ini. Lain halnya jika infeksi terjadi pada wanita yang sedang hamil, ini akan berbahanya. Karena pada masa kehamilan biasanya terjadi penurunan sistem kekebalan tubuh dan penurunan imun sehingga tidak akan optimal dalam mengendalikan infeksi.

Bahaya infeksi toxoplasma pada wanita hamil akan berakibat bagi kesehatan dan perkembangan bayi. Infeksi toxoplasma bisa menyebabkan gangguan penglihatan, sulit belajar, gangguan pada otak berupa hidrosefalus, serta gangguan pendengaran.

Selain itu, infeksi dapat memungkinkan untuk keguguran, lahir mati, atau melahirkan bayi yang cacat. Risiko bayi tertular infeksi toxoplasma semakin meningkat seiring dengan usia kandungan. Jika janin telah terinfeksi dari awal trimester kehamilan, infeksi akan semakin parah dan kemungkinan bisa terbawa seumur hidup.

Darimana parasit itu berasal?

Infeksi toxoplasmosis tidak ditularkan dari manusi ke manusia kecuali jika ibu yang sedang mengandung terkena infeksi akan berdampak dan memungkinkan bayi yang dikandung terdampak infeksi juga.

Terus darimana penyebaran parasitnya? Sejauh ini pendapat yang paling terkenal adalah parasit toxoplasma disebarkan dari kucing. Tapi menurut paha ahli, kucing bukan merupakan satu satunya hewan yang menyebarkan parasit toxoplasma. Parasit toxoplasma juga dapat menjangkiti dan terbawa oleh hewan berdarah panas seperti anjing, kambing, babi, burung dan kelinci.

Namun selain itu ada beberapa faktor yang meyebabkan infeksi selain penyebaran dari hewan hewan peliharaan diantaranya adalah :
  • Mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang
  • Mengkonsumsi buah dan sayur yang belum dicuci bersih
  • Menggunakan peralatan masak yang digunakan untuk mengolah daging mentah tanpa dicuci.
  • Mengkonsumsi keju atau susu yang tidak melalui proses pasteurisasi.
  • Mengkonsumsi air yang terkontaminasi parasit T. gondii
  • Melalui transfusi darah atau transplantasi organ dari donor yang terinfeksi parasit ini.

Bagaimana Gejala Jika Terkena infeksi Toxoplasma

Gejala awal yang dapat dirasakan tubuh jika terjangkit infeksi toxoplasmosis adalah sebagai berikut :
  1. Sakit kepala
  2. Demam
  3. Pembengkakan kelanjar
  4. Gerakan tak terduga pada kaki atau tangan
  5. Nyeri otot dan kelelahan
  6. Koordinasi motorik yang buruk
Jika mendapati gejala gejala diatas segera periksa kedokter. Dokter akan melakukan tes darah guna mengetahui kadar antibodi tubuh terhadap parasit T. gondii. Dari tes darah, bisa didapat hasil negatif dan positif.

Cara Penganganan Infeksi Toxoplasmosis Pada Wanita Hamil

Untuk ibu hamil diperlukan bat resep seperti antibiotik atau antibiotik parasit sulfadiazin dan pirimetamin selama 4-6 minggu atau lebih. Adapun obat yang aman dan terbaik adalah obat herbal infeksi toxoplasma, obat ini mampu membasmi parasit dan meningkatkan sistem imun.

Seberapa Penting Penanganan Infeksi Toxoplasma Pada Wanita Hamil

Jika infeksi tidak segra diatasi akan mengakibatkan dampat yang sangat buruk. Pada ibu hamil akan mengakibatkan komplikasi seperti kebutaan, retardasi mental dan infeksi otak yang serius.  Sedangkan pada janin akan menyebabkan keguguran dan lahir mati.

Tapi seandainya bayi berhasil lahir, akan menyebabkan ganguan seperti lahir cacat, kejang, pembesaran limpa, infeksi mata dan kulit kuning dan gangguan psikotik.

Maka dari itu, ketika si ibu hamil didiagnosa terkena infeksi, segera lakukan pengobatan yang cepat dan tepat. Guna mencegah keparahan dan juga gangguan pada janin yang dikandung.


Untuk mencegah infeksi pada waktu kehamilan, para ibu hamil perlu memperhatikan hal hal seperti cuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan, hindari konsumsi makanan menah, hindari kontak dengan hewan peliharaan, jaga kebersihan dan cucilah semua peralatan dapur dengan bersih setelah memasak daging mentah.

Itulah artikel mengenai Bahaya Toxoplasma Pada Ibu Hamil Yang Hatus Diketahui, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. tetima kasih telah membacanya sampai tuntas. Tunggu artikel lainnya dan sampai jumpa.

Baca Juga : 

Obat Gula Darah Tinggi  Cocok Untuk Ibu Hamil 



Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...