Daftar Blog Saya

Minggu, 09 Desember 2018

Mengenal Sakit Kepala Vertigo

Vertigo, Sakit Kepala Yang Tidak Biasa



Salah satu masalah gangguan yang sering terjadi pada tubuh kita adalah sakit kepala. Kondisi ini menyebabkan kita terganggu dalam menjalankan aktivitas sehari hari. Banyak jenis jenis sakit kepala dilihat dari sebab dan juga akibatnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengulas salah satu jenis sakit kepala yang sering terjadi yaitu vertigo.

Apa itu Vertigo..??

Vertigo adalah kondisi pusing yang sama seperti sakit kepala pada umumya tetapi vertigo lebih memberikan sensasi yang lebih dari sekedar pusing akibat sakit kepala biasanya. Pada penderita vertigo, mereka akan merasakan pusing yang sertai dengan sensasi berputar yang tak tertahankan bahkan tak sanggup untuk membuka mata karena terlalu pusing.

Kondisi seperti ini biasanya disertai dengan  mual, muntah dan berkeringat. Saat terjadi, vertigo bisa membuat keseimbangan tubuh sipenderita perlahan mulai hilang sehingga tubuh mudah goyah dan sulit untuk memijakkan kaki dengan tegap.

Vertigo bisa berlangsung dalam hitungan menit bahkan sampai berjam jam. Hal ini dapat didasarkan dari tingkat keparahan vertigo yang diderita. Jika vertigo yang diderita parah, lama kelamaan akan membuat penderita jatuh dan kesulitan mengendalikan diri.

Saat terjadi, vertigo biasanya akan menimbulkan gejala - gejala seperti :
  • Pusing disertai dengan sensasi sekeliling berputar
  • Mual
  • Muntah
  • Kehilangan keseimbangan
  • Berkeringat
  • Kesulitan untuk berdiri dan berjalan.

Jika dilihat dari gejalanya, vertigo ini berbeda dengan sakit kepala biasa meski sama-sama menyerang kepala.

Jika sakit kepala biasa umumnya menimbulkan sensasi kepala terasa sangat kencang seperti sedang diikat atau berdenyut-denyut lain halnya dengan vertigo yang dapat membuat Anda merasa seperti kliyengan, badan lemas, mual, dan seolah akan pingsan.

Penyebab vertigo yang harus diketahui

Jika dilihat dari penyebabnya, vertigo dapat dibagi kedalam dua jenis. Yaitu vertigo perifer dan sentral. Berikut penyebab masing masing jenis vertigo:

1. Vertigo perifer

Vertigo perifer merupakan jenis yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang yang diakibatkan karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh. p[enyebab vertigo perifer adalah sebagai berikut :

- Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

(BPPV) disebabkan oleh pergerakan otolith dalan kanalis semisirkularis pada telinga dalam. Hal ini terutama  akan mempengaruhi kanalis posterior dan menyebabkan gejala klasik tapi ini juga dapat mengenai kanalis anterior dan horizontal. Kondisi ini juga diikuti trauma kepala, infeksi kronik telinga, operasi dan neuritis vestibular sebelumnya.

- Vestibular Neuritis

Vestibular neuronitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian saraf telinga yang terhubung langsung dengan otak. Labirintis terjadi dengan komplek gejala yang sama disertai dengan tinnitus atau penurunan pendengaran. Keduanya terjadi pada sekitar 15% kasus vertigo otologik.

- Ménière’s disease

Ménière’s disease ditandai dengan vertigo yang intermiten diikuti dengan keluhan pendengaran . Gangguan pendengaran berupa tinnitus (nada rendah), dan tuli sensoris pada fluktuasi frekuensi yang rendah, dan sensasi penuh pada telinga.

2. Vertigo sentral

vertigo central terjadi akibat adanya masalah pada otak. Bagian otak yang paling berpengaruh terhadap kejadian penyakit ini adalah cerebellum atau otak kecil. penderita gangguan vertigo central mungkin mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan supinasi dan pronasi tangannya secara berturut-turut. Berikut adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab vertigo central:

  • Gangguan sinyal saraf yang terjadi pada sistem saraf pusat di otak dan tulang belakang yang disebut Multiple sclerosis. Kondisi ini diakibatkan oleh kesalahan pada sistem kekebalan tubuh seseorang.
  • Stroke, yaitu penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada otak. 
  • Sakit kepala sebelah atau Migrain yang disertai dengan rasa nyeri yang berdenyut dan sering dialami oleh orang yang berusia muda.
  • Tumor otak yang menyerang cerebellum atau otak kecil, sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi gerakan tubuh.
  • Tumbuh tumor jinak yang disebut Neuroma akustik tumbuh pada saraf vestibular, yaitu sistem saraf yang menghubungkan telinga dengan otak. Sejauh ini neuroma akustik disebabkan oleh kelainan genetik.

Pengobatan vertigo

Cara untuk mengilangkan vertigo yang paling mudah adalah dengan beristirahat. Hal ini dilakukan supaya otak Anda dapat menyesuaikan diri pada perubahan telinga bagian dalam, sebagai upaya menjaga keseimbangan tubuh.

Namun jika vertigo mesti dilakukan pengobatan, pilihlah metode pengobatan yang aman. Pengobatan vertigo tergantung kepada penyebabnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang bisa di coba adalah obat herbal, obat ini aman dan tidak menimbulka efek samping.

Itulah uraian mengenai vertigo, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Tunggu artikel kesehatan lainnya hanya di blog All About Healthy. Sekian dan sampai Jumpa.


Tidak ada komentar:

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Menyembuhkan Penyakit

Inilah Nama Nama Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Dalam Menembuhkan Penyakit Tanaman herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat da...